Jumat, 05 Mei 2017

EVALUASI DALAM BIMBINGAN KONSELING

Oleh: khusnul Khotimah


Setelah dilakukannya serentetan model-model serta program dan strategi yang ada dalam bimbingan dan konseling, kemudian yang terakhir adalah tahapan evaluasi. Jadi dalam tahapan ini, dapat ditentukan bagaimana hasil dari tahapan-tahapan dalam bimbingan konseling.
Pengertian Evaluasi
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk mengumpulkan dan mengubah data serta menfasirkan hasilnya guna mengambil suatu keputusan.
Tujuan Dari Evaluasi
Dalam hal ini dapat digolongkan menjadi 2 tujuan dari evaluasi yaitu tujua umum dan khusus.
Tujuan Umum:
a.      Membantu para guru untuk memperbaiki cara mengajar di kelas. 
b.      Mengetahui kemajuan program bimbingan dan konseling.
c.      Mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas strategi pelaksanaan program bimbingan dan konseling
Tujuan Khusus:
a.      Untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu dimasukkkan ke dalam program bimbingan dan konseling.
b.      Untuk mengetahui dalam bagian-bagian manakah dari program bimbingan dan konseling yang perlu adanya perbaikan.
c.      Untuk mendorong semua personal bimbingan dan konseling agar bekerja lebih giat dan memaksimalkan program yang telah ada.
Program Dalam Tahapan Evaluasi
      1.      Tujuan Khusus
      2.      Kriteria keberhasilan
      3.      Ruang lingkup bimbingan dan konseling
      4.      Kegiatan dan jadwal bimbingan dan konseling
      5.      Hubungan antara layanan bimbingan dan konseling di luar kegiatan sekolah
      6.      Metode dan tehnik dari bimbingan dan konseling
      7.      Evaluasi dan pemgamatan dalam bimbingan dan konseling
Proses Evaluasi
Dalam hal ini banyak faktor yang perlu di evaluasi lagi, antara lain:
     1.      Organisasi dan administrasi BK
     2.      Petugas/anggota BK
     3.      Fasilitas atau sarana dan prasarana BK
     4.      Dana (anggaran biaya) 
      Hasil Produk
Hasil dari program evaluasi dan prosesnya dapat dilihat dari bagaimana siswanya dapat mengaplikasikan apa yang telah ia dapat dari sekolah.
Prosedur Pelaksanaan Evaluasi
Dalam melakukan prosedur pelaksanaan, haruslah melalui beberapa tahap, antara lain:
     1.      Penetapan Aspek
Untuk prosedur ini, dapat dibagi lagi menjadi 6 penetapan aspek yang perlu diperhatikan.
-         Menetapkan aspek-aspek yang akan di evaluasi
-         Menetapkan kriteria keberhasilan dalam evaluasi
-         Menetapkan kriteria instrumen
-         Menetapkan kriteria tim
-         Menetapkan kriteria waktu
     2.      Persiapan Alat/instrumen
     3.      Pelaksanaan kegiatan evaluasi
     4.      Analisis hasil bimbingan (berdasarkan bentuk dan jenis data yang diperoleh)
     5.      Interpretasi (membandingkan hasil evaluasi dengan kriteria yang sudah ditetapkan diawal).
Metode-Metode atau Pendekatan Evaluasi
      1.      Pendekatan survey
      2.      Pendekatan eksperimen, misalnya dibentuk 2 kelompok siswa yaitu A dan B, kelompok A tidak diberikan bimbingan BK. Lain halnya dengan kelompok B, kelompok ini diberikan bimbingan BK. Kemudian dari 2 kelompok tersebut dibandingkan. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mengukur sejauh mana BK berhasil diterapkan pada siswa.
      3.      Studi lanjutan yang dilakukan secara bertahap
      4.      Penilain oleh para ahli yang diambil dari luar sekolah
      5.      Penilaian diri oleh konselor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar