Minggu, 23 April 2017

DIAGNOSTIK DAN PENGAJARAN REMIDIAL

By : Khusnul K


Dalam dunia pendidikan, pastinya akan selalu ada kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Nah, bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? tentunya harus ada diagnostik terlebih dahulu. Setelah mengetahui diagnostik dari peserta didik, barulah bisa diatasi dengan menggunakan pengajaran remidial.

Apa itu Diagnostik ?
Diagnostik adalah Proses pemeriksaan terhadap hal-hal yang tidak beres atau bermasalah.
Dalam penanganan peserta didik yang kesulitan belajar, diagnostik haruslah ditentukan seperti apa jenis masalah, kelainan atau ketidakmampuan dengan meneliti latar belakang penyebabnya atau dengan cara menganalisis gejala yang tampak pada diri peserta didik.

Bagaimana Langkah-Langkah dalam Mengatasi Kesulitan Belajar ?
Ada tiga cara dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik, antara lain:
1.      Analisis hasil diagnosis
2.      Menentukan kecakapan bidang yang bermasalah
3.      Menyusun program perbaikan
Setelah mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik, selanjutnya dilanjutkan dengan metode pembelajaran remidial.

Apa itu Pembelajaran remidial ?
Paembelajaran remidial adalah pelaksanaan pengajaran khusus bersifat individual yang diberikan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar, sehingga diharapkan mampu mengikuti pengajaran secara klasikal dan mencapai hasil yang optimal.

Apa saja Fungsi Pembelajaran remidial ?
a.      Fungsi Korektif
b.      Fungsi Pemahaman
c.      Fungsi Penyesuaian
d.      Fungsi Pengayaan
e.      Fungsi Akselerasi
f.       Fungsi Terapeutik

Bagaimana Langkah-Langkah Dalam Pembelajaran Remidial ?
1.      Menelaah Kasus
2.      Pemilihan Alternatif Tindakan
3.      Pemberian Layanan Khusus
4.      Pelaksaan Pengajaran Remidial
5.      Pengukuran Kembali Hasil Belajar
6.      Re-Evaluasi Dan Re Diagnostik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar