By : Khusnul K
Dalam dunia pendidikan,
pastinya akan selalu ada kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Nah,
bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? tentunya harus ada diagnostik
terlebih dahulu. Setelah mengetahui diagnostik dari peserta didik, barulah bisa
diatasi dengan menggunakan pengajaran remidial.
Apa itu Diagnostik ?
Diagnostik adalah Proses pemeriksaan
terhadap hal-hal yang tidak beres atau bermasalah.
Dalam penanganan peserta didik yang
kesulitan belajar, diagnostik haruslah ditentukan seperti apa jenis masalah,
kelainan atau ketidakmampuan dengan meneliti latar belakang penyebabnya atau
dengan cara menganalisis gejala yang tampak pada diri peserta didik.
Bagaimana Langkah-Langkah dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar ?
Ada tiga cara dalam mengatasi
kesulitan belajar pada peserta didik, antara lain:
1.
Analisis
hasil diagnosis
2.
Menentukan
kecakapan bidang yang bermasalah
3.
Menyusun
program perbaikan
Setelah mengetahui cara mengatasi
kesulitan belajar pada peserta didik, selanjutnya dilanjutkan dengan metode
pembelajaran remidial.
Apa itu Pembelajaran remidial ?
Paembelajaran remidial adalah pelaksanaan
pengajaran khusus bersifat individual yang diberikan kepada anak yang mengalami
kesulitan belajar, sehingga diharapkan mampu mengikuti pengajaran secara
klasikal dan mencapai hasil yang optimal.
Apa saja Fungsi Pembelajaran
remidial ?
a.
Fungsi
Korektif
b.
Fungsi
Pemahaman
c.
Fungsi
Penyesuaian
d.
Fungsi
Pengayaan
e.
Fungsi
Akselerasi
f.
Fungsi
Terapeutik
Bagaimana Langkah-Langkah Dalam Pembelajaran
Remidial ?
1.
Menelaah
Kasus
2.
Pemilihan
Alternatif Tindakan
3.
Pemberian
Layanan Khusus
4.
Pelaksaan
Pengajaran Remidial
5.
Pengukuran
Kembali Hasil Belajar
6.
Re-Evaluasi
Dan Re Diagnostik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar